STILL ABOUT JAKARTA HERITAGE

0 Comments












Sabtu, 27-06-09 di Metro TV ada acara Metro Files dan disitu lagi ngebahas soal sejarah Jakarta. Jujur sekarang ini aku tertarik banget belajar lagi sejarah Indonesia padahal dulu waktu sekolah juga diajarin tapi sekarang sambil lihat2 sendiri tempat bersejarahnya jadi menarik :)

Memang sih jaman Belanda dulu jaman perbudakan tapi, ternyata kita juga harus bersyukur karena tanpa adanya mereka, kita ga tahu apakah jalur pantura itu bisa ada apa ga, model2 arsitektur gedung2 pemerintahan kita yang gaya eropa itu. Anyway, thanks to gubernur Daendles yang nyiptain jalur pantura :) jadi buat yang pulang kampung waktu lebaran ga susah kan hehehe

Rasanya ingin sekali mengunjungi secara langsung gedung2 yang bernilai sejarah itu. Hanya saja untuk saat ini yang sudah boleh untuk dikunjungi secara umum baru Istana Negara, itupun harus mengikuti tata tertib protokoler. Pakaian yang dikenakan tidak bisa sembarangan harus rapi. Beberapa gedung masih dipakai untuk kegiatan pemerintahan, seperti Gedung DepKeu, yang dulu dikenal dengan sebutan "White House". Jadi bukan hanya Amerika yang punya White House, Jakarta pun punya hanya saja tidak semua orang tahu :)

Pokoknya banyak peninggalan jaman Belanda yang mengilhami bentuk bangunan2 yang ada di Jakarta ini. Seru deh, kalo bisa tahu dan mengenal lagi sejarah bangsa ini. Mungkin untuk sebagaian orang melestarikan sejarah bangsa itu suatu hal yang membosankan dan ga ada artinya tapi, buat ku asik dan menyenangkan.

Don't ever forget your history because it will become a heritage someday...


Tulisan Lainnya:

Tidak ada komentar: