>KOTA TUA TOURING

0 Comments
>

Tour keliling Kota Tua Jakarta tgl. 21 Juni 2009 bener2 asik. Buat aku yang pertama kali join bener-bener nyenengin.

Peserta yang ikut sekitar 700orang. Dibagi berkelompok, satu kelompok 20 orang dengan 1 pemandu. Rute perjalanan dimulai dari Taman Fatahillah lalu lanjut ke Gedung Chartered Bank, menyusuri Kali Besar, Toko Merah, Gedung Athena, Hotel Batavia, Jembatan Kota Intan, Gedung Cipta Niaga dan berakhir di Museum Seni Rupa dan Keramik.

Selesai acara aku dan temen2 berlanjut touring sendiri hehehe. Ke Museum Sejarah Jakarta dan Museum Bank Mandiri. Ternyata Museum Bank Mandiri itu luaaaaas aja.
Terus waktu di MSJ nonton pemutaran film Indonesia abad 19. Ternyata Indonesia itu dulu hampir seperti di luar2 negerti gitu deh. Transportasi dalam kota pake 'trem' dan di dalam trem itu ada 3 gerbong yang ternyata dibagi 3 kelas. Gerbong yang pertama itu khusus untuk orang Belanda, gerbong kedua khusus etnis Tionghoa sedang gerbong ketiga untuk pribumi. Meskipun orang pribumi itu kaya raya tetap tidak bisa duduk di gerbong pertama.

Ternyata daerah Kota itu banyak sekali menyimpan sejarah dan buat aku seneng banget bisa belajar sejarah Jakarta dari deket. Setelah ini aku jadi tertarik untuk ikutan Volunteer di Komunitas Historia Indonesia. Aku denger2 KHI mau adain acara lagi di Pulau Onrust dan rencananya akan menginap dengan tenda disana wow...pasti seru tuh :)

Terus ya...aku juga baru tahu kalau Gedung Cipta Niaga itu dipakai untuk shooting film Ayat Ayat Cinta, film2 horor bahkan video clip Mulan Jameela (Makhluk Tuhan paling seksi) juga diambil disana.

Pokoknya belajar sejarah Indonesia itu ga ada ruginya. Memang sih kita lama dijajah Belanda tapi, dengan kedatangan mereka malah akhirnya meninggalkan banyak kenangan dan daerah Kota itulah cikal bakal Jakarta yang sekarang menjadi kota yang sibuk dan ga pernah mati.

Pantes aja jaman dulu itu suasana-nya asri dan polusi ga terlalu menggila seperti sekarang karena transportasi dulu tidak banyak mobil dan kendaraan bermotor lainnya mereka lebih banyak memakai kereta kuda, trem dan yang lainnya.

Berpetualang menyusuri kota Jakarta itu ga cukup waktu sehari. Aku masih ingin pergi ke Museum Bahari, Pelabuhan Sunda Kelapa (pusat perdagangan sebelum ada Pelabuhan Tg. Priok), dan masih banyaklah tempat2 sejarah lain yang menarik untuk di-explore

Kesimpulan perjalanan kemarin menyenangkan, hanya saja kurang lama dan tempatnya kurang banyak hehehe...

Aku masih menunggu kabar2i dari KHI untuk next activity


Tulisan Lainnya:

Tidak ada komentar: