Keterbatasan Bukanlah Penghalang Untuk Maju

0 Comments
Siapa yg tidak kenal lagu 'Hero' yg dipopulerkan oleh Mariah Carey, lagu ini bercerita tentang seorang manusia yg tidak boleh pesimis menghadapi hidup. Apapun dan bagaimanapun keadaan kita, kita harus tetap berjuang menaklukkan hidup.

Bagi orang2 yg memiliki keterbatasan secara fisik (tunanetra, tunarungu, tunawicara, tunadaksa) biasanya mempunyai rasa minder dan pesimis untuk menghadapi hidup. Hal ini bisa disebabkan oleh faktor lingkungan yg memandang sebelah mata orang2 yg memiliki keterbatasan secara fisik (difabel=different abilities). Padahal para difabel ini bisa melahirkan prestasi yg tak kalah dari orang2 normal. Contohnya saja, Sukrawan seorang tunanetra asal Bali memiliki keahlian dalam menabuh drum, alm. Gizka (putri Dewi Yull) tunarungu yg pandai melukis, Hirotada Ototake tunadaksa (tanpa tangan dan kaki) seorang penulis dari Jepang dan bukunya begitu menginspirasi, Stevie Wonder dan Ray Charles penyanyi tunanetra yg legendaris di Hollywood.

Orang2 difabel ini lebih bisa mandiri dan tidak mau dikasihani begitu saja hanya karena keterbatasan yg mereka miliki. Justru aku sedih dengan org2 difabel yg pesimis, merasa hanya menjadi sampah masyarakat dan meratapi keadaannya tanpa berbuat sesuatu, pdhal banyak hal yg bisa dikerjakan walaupun ruang gerak mereka terbatasi. Semua memang tergantung kepada individu masing2, siapa yg mau berkembang dan maju mereka akan berusaha apapun caranya.

Aku suka refrain lagu 'Hero' itu:
"And then the hero comes along, with the strength to carry on. And you cast your fears aside and you know you can survive. So when you feel like hope is gone, look inside you and be strong. And you'll finally see the truth, that a hero lies in you.." Jadi kita tidak boleh menyerah, bertahan dan jadilah tangguh sekalipun fisik terbatas, karena dibalik keterbatasan itu terdapat kelebihan.

Mungkin dalam hal pekerjaan reguler (kantoran) mereka tidak bisa bersaing, tp mereka bisa berwiraswasta, berprestasi dalam seni maupun olah raga. Tp aku salut ya sama salah satu restoran frenchaise yg terkenal di Jakarta mau mempekerjakan orang2 difabel, memang posisi mereka tidak ditempatkan dibagian yg berinteraksi dengan konsumen tp paling tidak mereka bisa bekerja di bagian dapurnya.

Tuhan memberikan keterbatasan ini bukan untuk disesali ataupun menjadikan protes pada Sang Pencipta melainkan untuk menunjukkan kebesaran Tuhan. Jadi sikapilah keterbatasan yg dimiliki secara positif, mudah2an dalam menjalani hidup pun akan selalu menghasilkan yang positif. Jangan jadikan keterbatasan itu sebagai suatu penghalang karena, dengan begitu hidup pun tidak akan maju dan hanya menghasilkan ke-negatif-an.


Tulisan Lainnya:

Tidak ada komentar: