Buku dan Buku

0 Comments
[caption id="attachment_139" align="alignleft" width="300" caption="buku baruku 30/03/2011"][/caption]

Ngomongin soal buku, hmmm...berapa buku ya yang aku miliki tapi masih terbungkus rapi a.k.a belum dibuka segelnya? :) Aku senang membaca, terlebih lagi senang membeli buku. Tiap bulan ada aja buku yang aku beli entah satu atau dua. Jenisnya pun variatif. Tapi, dulu waktu jaman-jaman SMA sampai udah kerja sasaran bacanya genre novel. Tapi, semenjak hampir 2 tahun terakhir ini genre bacaan mulai berubah, novel masih cuman sekarang ditambah yang berbau-bau sosial, sejarah, traveling, sastra.

Apalagi semenjak join di goodreads, dimana itu adalah situs jejaring sosial khusus pencinta buku jadi, tambah banyak lagi dapat referensi-referensi buku yang menarik untuk dibaca. Entah itu rekomendasi teman atau aku baca review dari teman-teman yang terkait denganku.

Biasanya kalau aku ke toko buku, aku bisa betah berlama-lama apalagi kalau tempatnya nyaman dan koleksinya banyak. Toko buku favoritku apalagi kalau bukan Gramedia :) Aku rasa itu juga adalah toko buku favorit semua orang Indonesia. Gramedia yang nyaman menurutku hanya 2, yang di Matraman dan Grand Indonesia.

Kalau ke toko buku biasanya aku lebih senang sendiri, kalaupun ada barengannya itu harus yang sama-sama pecinta buku juga jadi, ga risih kalau harus berlama-lama. Kalau ke mal beramai-ramai juga ga masalah, kalau temen-temen yang mau enjoy cuci mata soal fashion dan lain-lain, aku titipin aja di toko buku nanti kalau sudah selesai kita ketemuan lagi.

Saking gemarnya membeli buku, aku sampai bingung mau baca yang mana dulu ya.. tapi, in the end buku-buku yang baru ku beli bisa kubaca duluan, yang lama-lama masih menumpuk menunggu giliran. Satu keinginan ku yang belum kesampaian yaitu, membeli container untuk nyimpan buku. Soalnya sampai saat ini buku-buku itu masih pada bertengger di lemari bufet, sementara kalau disimpan di container bisa terhindar dari debu dan bisa dipindah-pindah penyimpannya (maklum ruang di rumahku terbatas).

Apalagi kalo denger ada diskon di gramedia, pastilah tak terhindari untuk membeli. Entah dibacanya kapan yang penting beli dulu, mumpung murah hehehe. Kemarin aku ke gramedia, grand indonesia. Mendekati hari terakhir diskon ulang tahun gramedia 20% aku ga menyia-nyiakan. Kubeli 3 buku sekaligus. Buku yang kubeli pastinya bagus dan menarik :) Gambarnya akan kubagikan biar ga penasaran.

Yang suka protes kalau aku beli buku cuman papa. Mungkin karena pengalaman dulu aku juga pernah punya beberapa buku akhirnya semua ludes karena banjir bandang 2007 lalu. Menyesal? Sangat menyesal. Aku beli buku dengan mencicil sebuku demi sebuku. Apalagi buku harry potter-ku. Entah yang tertinggal seri berapa aja (dulu aku punya seri 1-4, seri 5 pinjam, seri 6punya, seri 7 pinjam). Buku cerita berbahasa inggris juga ada. Sekarang aku mulai mencicil untuk mengoleksi lagi.

Buku itu buatku adalah jembatan atau jendela ilmu (ceile...) aku bisa tahu banyak hal lewat membaca. That's why aku suka traveling book. Meskipun aku belum pernah traveling jauh-jauh menjelajah Indonesia dan luar negeri (paling deket Bandung, paling jauh Jember, Surabaya--->karena kampung halaman hehehe) tapi, aku bisa tahu beberapa negara lain seperti Belanda, Paris, Barcelona dll berikut jalan-jalannya, apa aja yang ada disana, kebiasaan orang-orangnya dari membaca itu. Selain juga dengar cerita beberapa teman atau browsing di internet.

Lagipula ya, nanti kan bisa kutunjukin sama anak-anakku dan hobi membaca ini akan kuturunkan pada generasiku kelak. Membaca itu ga akan pernah merugikan apapun. Nilai uang yang dikeluarkan tak sebanding dengan kepuasan akan informasi yang diperoleh.

Salam buku,


Tulisan Lainnya:

Tidak ada komentar: