Mengepak Semangat Ke Dalam Buku

0 Comments
dok.pribadi

dok.pribadi

Tanggal 13 April 2013 lalu, gerakan Indonesia Menyala bersama dengan teman-teman Indonesia Mengajar dan JNE mengadakan acara Pack Your Spirit yang ke-2.

Acara yang sama sudah pernah digelar pada tahun 2012. Pada acara Pack Your Spirit pertama, konsepnya adalah sortir buku dan packing bersama volunteer untuk 14 daerah Kabupaten yang ada di jaringan Indonesia Mengajar.

Kali ini konsep Pack Your Spirit (PYS) sedikit berbeda. Kami mengajak volunteer untuk membawa buku baru untuk mereka packing sendiri dan dikirim sendiri ke salah satu daerah dari 17 kabupaten yang ada di jaringan Indonesia Mengajar. Biaya pengiriman sangat terjangkau. Dengan Rp 1,000 para volunteer dapat mengirimkan berapapun jumlah buku yang ingin mereka donasi kepada adik-adik di pelosok.

Fokus Indonesia Menyala kali ini tidak semata mengembangkan penyediaan buku atau perpustakaan, tetapi juga berfokus pada peningkatan perilaku membaca siswa, hingga akhirnya menjadi budaya. Titik beratnya saat ini memang masih pada siswa/anak-anak, namun tidak menutup kemungkinan untuk mengembangkan budaya membaca ini di lingkungan siswa, mulai dari keluarga, guru/kepala sekolah, hingga masyarakat.

Target audiens PYS 2013 secara spesifik adalah kalangan profesional, anak muda, dan keluarga. Pada kesempatan kali ini, kami ingin mengajak volunteer atau yang kita sebut juga sebagai Penyala untuk:
* Mengalami aktivitas mulai dari membeli/membawa, mengemas, menitipkan pesan semangat, sampai mengirim buku.
* Berdiskusi mengenai efektivitas peningkatan minat dan kemampuan membaca melalui program-program yang ada.
* Menjadi duta peningkatan minat baca melalui pendekatan multiaktor.

Yang spesial di acara ini, yaitu hadirnya Pak Raden (Drs. Suyadi). Beliau hadir untuk mendongeng sambil menggambar. Sosok beliau yang sudah berusia 80tahun tidak menyurutkan semangatnya dalam bercerita. Beliau juga membawa beberapa boneka si Unyil yang memang hasil karya beliau sendiri.

Kehadiran Bapak Anies Baswedan yang memberikan informasi Mengetahui problema terkini berkaitan dengan budaya membaca.

Teman-teman Pengajar Muda juga memberikan testimoni bagaimana adik-adik di daerah juga antusias dalam membaca buku.

Untuk adik-adik atau volunteer yang membawa anak-anak, kami juga menyediakan Kid Zone. Di Kid Zone anak-anak diajarkan membuat boneka jari atau finger puppets dan mereka juga belajar bercerita dengan media finger puppets tersebut.

Pack Your Spirit kali ini seru. Banyak ragam acaranya dan yang perlu diingat, acara Pack Your Spirit ini tidak hanya berlangsung di Jakarta tapi, simultan di beberapa kota seperti Jogja, Solo, Malang, Ambon sampai Makassar. Semoga budaya membaca bisa menjadi budaya bangsa Indonesia.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut bisa membacanya di www.indonesia-menyala.org atau bisa follow kami di @Penyala.

Salam membaca!


Tulisan Lainnya:

Tidak ada komentar: