Sketsa Kehidupan-Drs. Suyadi (Pak Raden)

0 Comments
Apa yang terlintas bila mendengar nama Pak Raden? Ya.. Pastinya seorang tokoh orang tua yang memakai blankon, baju beskap dengan alis dan kumis yang tebal, orang tua pelit dan suka marah-marah di serial Si Unyil.

Dibalik tokoh Pak Raden ini adalah seorang bernama Drs. Suyadi, seniman serba bisa yang tak hanya menciptakan karakter tokoh-tokoh di serial Si Unyil, tapi beliau juga seorang ilustrator belasan buku anak, pendongeng, membuat sketsa dan melukis.

Saat ini Pak Raden menyelenggarakan pameran sketsa tentang kehidupan masyarakat di Paris saat beliau belajar animasi tahun 1961-1964. Pameran tersebut berlangsung di Bentara Budaya Jakarta, 25 April-5 Mei 2013. Sketsa-sketsa itu menjadi "buku harian" mengesankan dengan gaya klasiknya.

Coretan sketsa yang dilukiskan oleh Pak Raden begitu deskriptif dengan wajah dan ekspresinya. Sebagai penonton, saya ikut melihat seperti apa kehidupan di kota Paris dari kacamata seorang Pak Raden, orang Jawa yang melukis dan menggambar di tengah gemerlapnya kota Paris.

Pengalaman bertemu dengan banyak hal, dari yang membuatnya tersenyum geli sendiri, juga ada yang membuatnya bertanya-tanya di dalam hati, kadang membuatnya terkejut. Awalnya Pak Raden mau mencurahkannya ke dalam bentuk tulisan, tapi ternyata lebih cepat menggambar.

Gambar-gambar tersebut dituangkannya dalam puluhan kertas. Pak Raden tak hanya membuat 'catatan harian' dalam bentuk sketsa, hasil rekamannya layak dijadikan arsip sosiologi seorang Indonesia di kota seni, Paris di era '60-an.

Banyak kejadian kocak, membingungkan, shock culture, bahkan satir. Kesemuanya memberikan panorama budaya yang kental. Tentunya peristiwa gesekan budaya Perancis dan Jawa dalam diri Pak Raden di era '60-an.

Tema pameran ini dinamakan 'Noir et Blanc' (hitam dan putih), karena karya yang dipamerkan adalah sketsa yang diguratkan dengan batang pinsil. Di mana karya tersebut tidak hanya dinikmati oleh kreatornya tapi, juga dapat dinikmati/dilihat oleh banyak orang. Hidup bukan sekedar 'sketsa' tetapi kongkret.

Selamat menikmati!

Sumber: Katalog Pameran Tunggal Drs. Suyadi (60 Tahun Pak Raden Berkarya)
dok.pribadi

dok.pribadi



Tulisan Lainnya:

Tidak ada komentar: