Satu Dekade - Jakarta Food and Fashion Festival

0 Comments
image



Dengan mengusung tema "One Decade" Jakarta Food and Festival (JFFF) tahun 2013 ini menyelenggarakan kembali event tersebut. Kali ini area untuk food festivalnya lebih luas, sehingga stand stand makanan dan minumannya jauh lebih beragam.

Event tahunan ini selalu disambut meriah oleh masyarakat, terlihat dari ramainya pengunjung. Antrian terjadi di seputaran stand-stand makanan dan minuman. Kampoeng Tempo Doeloe, begitu nama area kuliner yang ada di JFFF. Model arsitektur dari stand stand yang ada bergaya bangunan Cina, dengan banyaknya lampion-lampion yang tergantung berwarna merah yang juga membantu sebagai penerangan di malam hari.

Bagi pengunjung yang ingin menikmati jajanan khas Betawi seperti kerak telor, roti buaya, juga ada di sini. Atau ingin menikmati jajanan tempo doeloe dari daerah-daerah lain di Indonesia juga bisa. Untuk pengunjung yang mau minuman sehat seperti jamu, bisa mengunjungi stand kampung jamu, dimana berbagai jenis jamu yang sudah dalam kemasan bisa langsung dibawa pulang, atau yang dalam bentuk siap seduh juga ada.

Bingung mau memilih makanan, jajanan, minuman yang mana? Pastinya. Karena beraneka ragam dan semuanya menawarkan kelezatan yang berbeda-beda. Saya sempat menemukan satu minuman yang unik, namanya Bir Jawa. Dari namanya pasti identik dengan minuman beralkohol ya.. Tapi, dijamin bir yang satu ini dijamin jauh dari alkohol ataupun soda. Justru rasanya itu manis, segar. Ternyata minuman ini adalah campuran air asam jawa dan gula aren. Wiihh segerrr, diblender jadi satu dengan es batu sangat mantap dinikmati disiang hari. Warna coklat dari minuman ini yang terlihat seperti bir. Jangan terkecoh ya... :-)

Tak hanya makanan dan minuman. Ada juga hiburan yang menemani pengunjung saat bersantap, yaitu kesenian Gambang Kromong. Kesenian khas Betawi yang jarang diketahui banyak orang, generasi muda khususnya bisa dinikmati di event JFFF.


image



Selain makanan dan minuman tempo doeleoe, ada satu area lagi yang modern, yaitu area Wine and Cheese. Dimana penyuka wine, keju, coklat, pasta dapat merapat ke sini. Karena saya tidak paham mengenai wine, saya cukup mengagumi beraneka macam botol minuman anggur ini. Saya justru merambah ke stand coklat, keju, youghurt dan lainnya. Karena ini bersifat pameran, harga yang ditawarkan juga berbeda alias ada potongan-potongan harganya :-)


image



Area La Piazza, Kelapa Gading yang dijadikan arena event ini begitu padat, bahkan seperti berada di daerah petak sembilan, kota yang ramai pengunjung sampai berdesak-desakkan.

Sejarah

Satu dekade event JFFF ini digelar. Awal pertama diadakan yaitu Mei, 2004 dengan bertempat di Klub Kelapa Gading, JFFF menggaungkan berbagai program mode dan kuliner yang sarat akan cita rasa Nusantara. Bazar Makanan Nusantara menampilkan aneka kekayaan kuliner tanah air dari 15 propinsi.

Tahun 2005, penyelenggaraan event JFFF beralih tempat ke La Piazza Kelapa Gading.

Serba Serbi

Event tahunan ini selalu mengangkat tema yang berbeda-beda sebagai bentuk apresiasi perkembangan fashion saat ini. Model-model yang berlenggang lenggok di catwalk pun tidak hanya dari Indonesia saja, tapi ada juga yang berasal dari mancanegara.

Muli tahun lalu Jember Fashion Carnival turut meramaikan event JFFF. Dimana kita semua tahu bagaimana keunikan dari JFC yang menampilkan busana-busana unik karya anak bangsa.

Tahun ini JFFF diadakan mulai tanggal 9-26 Mei 2013. So, jangan sampai ketinggalan menyaksikan, menyicipi keragaman fashion dan kuliner Indonesia.

image


Tulisan Lainnya:

Tidak ada komentar: