Ada Mumi Di Mal Summarecon Bekasi

0 Comments
Hari ini (11/08/13) gue ama bokap jalan-jalan ke mal Summrecon Bekasi. Mal baru yang letaknya di kawasan perumahan elit Summarecon Bekasi.

Tujuan gue cuman window shopping alias liat-liat aja. Pas lagi jalan di lantai berapa tuh ya, gue lupa. Gue ngeliat ada banner "Pameran Edukasi Sejarah Mesir Kuno 18 Juli-31 Agustus 2013" kayaknya bagus juga nih. HTM-nya sangat terjangkau. Akhirnya gue loket, dengan membayar 20 ribu rupiah untuk dua orang, gue ama bokap udah siap antri. Jam operasionalnya 11.00-22.00.


[caption id="" align="alignnone" width="500" caption="Bokap gue mejeng :-) "]image[/caption]



Lumayan rame juga loh. Sepertinya ada juga yang tertarik dengan sejarah Mesir kuno. Begitu masuk, kita disuguhi video yang menurut gue dari NatGeo tentang penemuan mumi-nya raja Tuthankamen dan cara mumifikasi jenazah.

Proses mumifikasi itu memakan waktu kurang lebih 70 hari lamanya. Sebelum jenazah diawetkan, terlebih dahulu organ-organ tubuh yang mengandung air dikeluarkan, seperti jantung, usus, otak, dikeluarkan supaya tidak membuat jenazah busuk dalam proses pengawetan. Uniknya proses pengeluaran otak melalui hidung. Pengeringan tubuh menggunakan campuran garam yang disebut natron.

Setelah itu tubuh dibungkus dengan kain berwarna putuh dan disetiap lapisan kain disisipkan jimat pelindung. Jenazah kemudian diletakkan di peti mati yang disebut antropoid.

Setelah nonton video singkat itu, gue 'n bokap beranjak ke ruang berikutnya dimana di display miniatur patung dewa-dewa Mesir antara lain Anubis, Osiris, dll. Ada juga replika mumi raja muda Tuthankamen. Ada juga cerita singkat tentang sejarah meninggalnya raja muda tersebut.


image



[caption id="" align="alignnone" width="500" caption="Replika mumi Tuthakamen"]image[/caption]



Abis itu selesai deh perjalanan singkat gue ke Mesir #eh.


Tulisan Lainnya:

Tidak ada komentar: