Darahku Spesial

0 Comments
Ngomongin soal golongan darah, akhirnya gue tau kalo golongan darah gue itu AB+ gegara dua tahun lalu gue sukses jadi pendonor.

Sejak itu ada rasa bangga karena udah tau golongan darahnya apa. Jadi, kalo ditanya "golongan darahnya apa?" Dengan bangga gue bisa jawab "AB rhesus plus!" Mantep kan?! Hehehe.. sebelum tau golongan darah gue apa, kalo ditanya gue suka gelagepan gitu. Bingung. Ga mungkin kan gue asal nebak golongan darah gue? Paling gue bisa jawab "darah biru." Garing banget kan?

Setelah tau golongan darah, ga sengaja gue liat ada akun komunitas darah AB dki jakarta di fb. Udah aja gue add untuk jadi temen, eh di konfirm. Tapi, gue cuman jadi silent reader aja.

Sampe akhirnya bulan lalu gue dateng ke acara kumpulnya komunitas di daerah jakarta selatan. Gue mampir ke booth Komunitas Darah AB dan gue daftar jadi member. Di sanalah gue baru tau kalo ternyata golongan darah AB ini spesial.

Gimana ga spesial? Golongan darah AB dari data yang dilansir PMI tahun 2011 hanya 6.6%. Paling banyak golongan darah O 40.77%, B 26.68% dan A 25.48%.

Dan di booth itu juga gue baru tau kalo pendonor AB tidak disarankan rutin mendonor, karena darah yang di donasi akan terbuang percuma. Secara ya golongan kamu ini minoritas, jadi bukan golongan favorit yang apabila darahnya di stok ga akan laku seperti O, A atau B. Tapi, begitu ada yang memerlukan, darah AB akan sulit ditemukan.

Karena itulah sesama pemilik golongan AB akhirnya membentuk Komunitas Darah AB, yang bertujuan membantu tersedianya golongan AB yang bersih dan berkualitas guna memenuhi kebutuhan anggota dan masyarakat umum yang sedang kritis di Rumah Sakit. Atas dasar prinsip kesukarelaan dan kemanusiaan.

Setelah tau, gue semakin bangga dengan golongan darah gue dan senang sudah menjadi member dari komunitasnya. Paling ga, kalo gue butuh darah, gue tau tempatnya di mana dan ga perlu bingung .

Tapi, mau tetep reguler donor juga ga apa-apa. Cuman setelah tau, gue mungkin akan jadi "cewek panggilan" aja :-) sayang darah gue dibuang-buang. Tapi, begitu nanti ada yang butuh, gue ga bisa memberi.

Yang bergolongan darah AB, yuk segera bergabung dengan komunitas nya. Kita bisa berbagi dan menyelamatkan banyak jiwa.



Posted from WordPress for Android


Tulisan Lainnya:

Tidak ada komentar: