FGIM : Kotak Cakrawala

0 Comments
image



Dua hari berturut-turut yaitu Sabtu dan Minggu (5-6 Oktober 2013) bertempat di E-Convention, Ancol diadakan satu festival yang luar biasa keren. Festival Gerakan Indonesia Mengajar (FGIM). Festival ini bukanlah pameran. Bukan juga seminar, konferensi ataupun workshop. FGIM ini adalah salah satu ruang untuk bekerja sama secara nyata. Di FGIM, ribuan relawan pengunjung akan diajak #KerjaBakti mendukung pendidikan Indonesia dengan membuatkan materi belajar bagi SD-SD di pelosok melalui kelas-kelas aktivitas FGIM.

FGIM berbeda dengan kegiatan sosial lain, karena turun tangan langsung, kolaboratif, kerelawanan, bermakna dan fun :-)

Salah satu wahana yang ingin gue share, yaitu #KotakCakrawala. Di dalam wahana inilah gue terlibat menjadi relawan panitia. Untuk pembaca yang pingin tahu tentang #KotakCakrawala jangan berenti membaca terus kisah berikut ini :-)

Kotak Cakrawala bukanlah kotak Pandora dalam mitos-mitos Yunani yang terlarang untuk dibuka. Kotak Cakrawala  justru wajib dibuka oleh anak-anak negeri ini untik memperluas cakrawala pengetahuan mereka. Melalui buku-buku yang tersimpan di dalam kotak ini, setiap anak di negeri ini dapat belajar mengenal dan mencintai buku.

Dalam FGIM 2013, kotak cakrawal merupakan sebuah kegiatan yang mengajak para relawan untuk ikut membantu proses pengepakan buku bacaan. Terdapat sekitar 50.000 buku dari berbagai kategori yang akan dikemas dalam ribuan kotak. Kotak-kotak ini nantinya akan
Dikirimkan ke 17 kabupaten penempatan Pengajar Muda dan puluhan taman bacaan yang dikelola oleh Indonesia menyala.

Acara festival berakhir dengan sukses. Kotak Cakrawala memenuhi target di hari terakhir, yaitu dengan mengemas 50,000 buku dalam dua hari dan dilakukan oleh 5,000 relawan pengunjung. Amazing kan! :-)

Suatu pencapaian yang luar biasa menurut gue. Setelah itu kami nantinya tinggal menunggu respon adik-adik yang menerima buku-buku tersebut.

Bulan Oktober adalah bulan kerja bakti yang tak terlupakan :-)



Posted from WordPress for Android


Tulisan Lainnya:

Tidak ada komentar: