Jakarta Library and Archive Expo 2014

0 Comments
dok. pribadi

Ini masih kelanjutan dari bulan Desember, bulan inspirasi. Tanggal 14 Desember 2014 gue dateng di hari terakhir Jakarta Library and Archive Expo 2014. Ini pertama kali gue dateng ke acara ini. Mungkin di tahun-tahun sebelumnya udah ada acara ini tapi, gue yang ketinggalan informasi atau gue males dateng, yah nggak inget juga hahaha. Expo ini berlangsung dari tanggal 11-14 Desember 2014, di Lapangan Banteng.

Setelah gue dateng, ternyata di dalamnya banyak menghadirkan perpustakaan yang dimiliki oleh instansi-instansi pemerintah maupun swasta. Terus di blok yang berbeda banyak bertebaran Taman Baca Masyarakat, Rumah Belajar yang inspiratif banget menurut gue.

Gue baru tahu juga kalo Badan Narkotika Nasional ternyata punya perpustakaan di mana selain mengoleksi buku-buku umum juga mereka punya display tentang jenis-jenis tanaman sikotropika yang berbahaya itu, alat-alat yang digunakan untuk mengkonsumsi narkoba dan yang paling penting adalah informasi bahaya yang ditimbulkan kalo kita kecanduan narkoba.

Badan Pemeriksa Keuangan juga punya perpustakaan yang berisi data-data keuangan negara yang bisa di akses apabila kita ingin riset. Wah, pokoknya banyak hal menarik deh yang bisa dilihat di sana. Terus Taman Baca, Rumah Belajar yang ikut pameran juga menarik dan inspiratif. Seperti ada salah satu taman baca masyarakat di Bandung, TBM Suka Mulya Cerdas, di bawah asuhan ibu Rd Nonih Suarsih TBM ini berkembang sangat baik dan buat gue inspiratif banget.



[caption id="attachment_514" align="alignleft" width="300"]dok. pribadi dok. pribadi (atas: yang di tengah berhijab merah ibu Nonih. bawah: hasil karya ibu-ibu yang tidak bisa membaca)[/caption]
Gimana nggak inspiratif coba? si ibu Nonih ini ya mengajak warga sekitar TBM untuk aktif membaca mulai dari PAUD sampai lansia. Untuk orang-orang yang tidak bisa membaca atau lansia diberikan keterampilan tangan yang menghasilkan karya-karya yang indah, bisa dijual lagi sehingga menambah pemasukan.

Pokoknya ibu Nonih mah buat gue sosok perempuan inspiratif yang kayaknya gue pingin kenal lebih lanjut sama beliau dan pingin berkunjung ke TBM-nya, melihat langsung kegiatan di sana, keseruannya gimana. Kalo buat gue TBM Suka Mulya Cerdas ini bisa dijadiin contoh untuk taman baca-taman baca lain. Tiap taman baca memang punya keunikan dan keseruannya sendiri. Tapi, kalo baru mau mulai atau mau mencari ide-ide bisalah belajar dari TBM-nya ibu Nonih :)


Tulisan Lainnya:

Tidak ada komentar: