Liburan Kemanusiaan

0 Comments
image


Tanggal 26-29 Desember 2014 lalu, gue bareng temen-temen Info Relawan dan Wali Care pergi ke Banjarnegara ngunjungin desa yang terdampak bencana longsor 12 Desember 2014.

Kami ke sana melakukan misi trauma healing untuk anak-anak dengan mengadakan Jambore Anak Tangguh. Fokusnya selain mengajak anak bermain, kami ingin mengenalkan anak-anak memotret menggunakan kamera lubang jarum. Hasil karya mereka di pamerkan.

Desa pertama yang kami sambangi yaitu desa Leksana, Karang Kobar, Banjarnegara (27-28/12/14). Usia anak-anak yang ikut jambore dari PAUD-SD. Mereka awalnya nggak percaya dari sebuah kaleng rokok bisa dipakai memotret. Setelah mereka praktek sendiri, malah ada beberapa anak yang ketagihan ingin moto lagi karena, yang pertama hasilnya kurang bagus.

Setelah itu, di hari terakhir (29/12/14) kami mengadakan workshop kamera lubang jarum di desa Alian, Karang Kobar, Banjarnegara. Karena terbatas waktu, nggak banyak anak yang bisa motret dua kali. Tapi, semua antusias. Ya iyalah, secara dari kaleng bisa jadi kamera. Gue yakin anak-anak itu mau kalo nyoba sendiri tapi, emang lumayan susah untuk dapetin kertas foto dan bahan-bahan kimia untuk nyuci kertas fotonya.

Ini adalah aksi sosial kemanusiaan pertama buat gue. Bertepatan dengan libur dari kerjaan, gue jadi bisa gabung. Melihat langsung tempat yang terdampak musibah, menghibur anak-anak menjadi kebahagiaan tersendiri. Kalo nggak karena merapat dengan info relawan, gue nggak akan pernah ngelakuin hal positif begini. God is good, udah ngasih kesempatan buat gue berbuat suatu yang positif. Liburan gue jadi bermanfaat. Ohya, pulangnya masih bawa salak Banjarnegara yang manis bingit :)


Tulisan Lainnya:

Tidak ada komentar: