Dari Rue Saint Simon ke Jalan Lembang

0 Comments
dok. pribadi
Judul Buku : Dari Rue Saint Simon ke Jalan Lembang
Penulis : NH. Dini
Jumlah Halaman : 218 halaman
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama, 2012

Lagi, koleksi NH. Dini gue tambahin satu demi satu. Buku ini kebetulan banget gue temuin di bazar buku murah Gramedia Matraman. Begitu melihat buku ini tanpa pikir panjang, langsung gue sikat. Gue nggak peduli judulnya apa yang penting penulisnya NH. Dini.

Gue selalu suka baca tulisan bu Dini. Buat gue seperti baca buku harian beliau. Seperti buku Dari Rue Saint Simon ke Jalan Lembang. Buku ini menceritakan bagaimana seorang NH. Dini di sekitar tahun 1980 sudah memutuskan untuk kembali ke bumi tercinta Indonesia. Sekembalinya beliau dari Perancis, beliau menetap di rumah bibinya di Jalan Lembang. Ibu Dini adalah seorang penulis terkenal di Indonesia jadi, dengan kembalinya beliau sudah banyak pekerjaan menulis yang menanti. Dari buku inilah gue jadi tahu siapa saja relasi-relasi baik ibu Dini, diantaranya : Bagong Kusudiardjo, Mochtar Lubis, Emil Salim, Erna Witoelar, Pramoedya Ananta Toer, bahkan sampai Bondan Winarno juga mengenal beliau. Putu Wijaya, Reny Djayusman juga beliau kenal.

Sejak hidup memisahkan diri, Dini sudah bermaksud tidak akan tinggal di Perancis untuk selamanya. Lalu disebabkan oleh kondisi kesehatannya yang semakin rentan, dia memutuskan mempercepat kepulangannya ke Tanah Air.

Saudara-saudara, teman-teman dan relasinya menyambut kedatangannya dengan hangat. Mereka sangat penuh perhatian, sehingga Dini tidak merasa kehilangan tatacara kehidupan di Eropa yang serba teratur, bersih, dan disiplin. Dunia pendidikan-sosial-budaya di Tanah Air langsung dia tekuni. Berbagai kesempatan tersuguh dalam urusan ecology atau lingkungan hidup. Dini tidak hanya sebagai penonton yang berdiri di luar garis. Berkat bantuan dan perhatian beberapa tokoh tertentu, dia terjun langsung ke lapangan. Pengetahuannya mengenai kekayaan alam yang selama itu dia temukan dalam bacaan, kini langsung dia serap di hutan dan belantara Tanah Air.

Dan ketika dia pikir saatnya tiba untuk pulang kandang, hanya kota Semarang dan kampung Sekayu-lah yang akan menjadi tujuan kepindahannya...

Selalu menarik membaca kisah-kisah ibu Dini dan semua bukunya yang berhubungan dengan kisah hidupnya dikategorikan oleh beliau sebagai Seri Cerita Kenangan.

Buku yang sangat recommended :)


Tulisan Lainnya:

Tidak ada komentar: