So Real/Surreal

1 Comments
Judul buku : So Real/Surreal
 Penulis : Nugroho Nurarifin
 Jumlah halaman : 173
 Penerbit : Gramedia Pustaka Utama, 2008

Marah kepada kenyataan, seorang lelaki muda berkomitmen menjalani kehidupan sekali pakai. Hidupnya penuh dengan gelas-gelas plastik yang ia pakai minum, piring-piring styrofoam yang ia gunakan untuk makan, dan celana dalam kertas yang langsung ia buang sebelum mandi. Gaya hidup serba singkat ini ia pilih untuk membatasi interaksinya dengan kenyataan yang sifatnya jangka panjang. Setiap hal yang bersifat jangka panjang berpotensi memberi rasa nyaman, dan kehilangan rasa nyaman akan mendatangkan sakit hati, begitu pikirnya. Lewat internet, hidupnya bersilang jalan dengan Nugroho Nurarifin, penulis novel dan penulis naskah di sebuah advertising agency.

Di waktu yang sama, Anisa, pasangan Nugroho, tanpa disadari masuk ke dalam kehidupan Raymond, seorang pengusaha media terkemuka. Ia menjadi bagian dari kehidupan nyata seorang pengusaha selebriti yang selama ini hanya ia kenal dari image-nya saja.

Keempat karakter ini, dua nyata dan dua fiksi, bertemu di tengah pesatnya perkembangan teknologi komunikasidan budaya  massa. Mereka terjebak dalam sebuah dunia di mana yang dianggap nyata bisa jadi hanya imaji. Sedangkan yang dianggap cuma khayalan, mungkin justru adalah kenyataan. Tersesat dalam ruang tanpa batas antara yang real dan yang surreal, mereka mencoba menjalani kehidupan masing-masing. Satu hal yang mereka tak sadari, hidup mereka sedang menuju kepada konsekuensi-konsekuensi yang tidak mereks pahami. Dan mungkin akan mereka sesali.

Nugroho menuliskannya dengan apik, menurut gue. Kejadian-kejadiannya yang bisa kita temui sehari-hari. Nggak ribet dan gue baca ini dalam hitungan beberapa jam saja karena, nggak pingin berhenti. Penasaran di tiap lembarnya.

Buku ini memang buku lama yang sepertinya tidak ada cetakan barunya. Kalo ada yg mau pinjem, bisa japri :)



Tulisan Lainnya:

1 komentar: