Oleh-oleh dari Pameran Buku 2016

2 Comments
Hari ini di hari terakhir Indonesia International Book Fair. Kali ini yang menjadi undangan kehormatan yaitu Malaysia. Tahun ini pameran digelar di Jakarta Convention Centre. Biasanya di gedung Istora Senayan. Gue sih nggak berkeinginan ngunjungin booth Malaysia. Yang gue tuju langsung ke booth booth di dalem assembly hall.

Seperti biasa di setiap acara IIBF dipenuhi publisher publisher besar Jakarta, perpustakaan-perpustakaan Jakarta dan daerah, publisher dari luar negeri, juga komunitas-komunitas literasi.

Seru? Pastinya. Dan sepertinya tahun ini KPK jadi sponsor besar IIBF. Menariknya di IIBF 2016 muncul booth perpustakaan Departemen Kesehatan dan perpustakaan digital Puspen TNI. TNI-Jejaring. Gerakan Kebangsaan TNI mencerdaskan bangsa. Keren! TNI juga bergerak di bidang literasi.
Gue merasa beruntung dateng di hari terakhir ini. Bisa melihat Dedi Mizwar secara langsung membawakan puisi WS Rendra 'Datanglah, Ya Allah'. Karena beliau adalah aktor watak yang nggak diragukan lagi, jadi cara beliau membawakan puisi, ya sangat bagus. Menurut gue.

Terus gue juga melihat talkshow-nya Panji Pragiwaksono 'Mencari Indonesia'. Selama ini gue emang belum pernah baca buku-buku tulisan Panji. Tapi, denger dia ngomong soal bukunya tentang Indonesia, gue jadi tertarik. Panji sharing pengalamannya stand up di beda-beda negara dan menurutnya Indonesia tetap negara yang bisa dibanggakan. Tadi ada penanya yang nanya kenapa Panji nggak tertarik jadi DKI1 atau terjun ke politik. Jawabannya, karena Panji tidak berkompeten meskipun Panji cinta Indonesia. Yang gue inget dari pernyataan Panji, seorang pejabat kalo kompeten tapi kurang mencintai Indonesia jadinya bikin korupsi. Kalo mencintai Indonesia tapi tidak kompeten jadinya akan menyusahkan. Gue baru tau juga loh kalo di era sekarang ini ada anggota dewan yang nggak ngerti soal MS Excell di komputer. Weleh weleh...

Puncaknya, gue ditemukan ke seorang penulis yang mana dia itu teman baik teman-teman gue. Gue dikasih buku pertamanya dan pastinya akan gue review sebagai penukarnya  Namanya Rama Nugraha dan bukunya berjudul Tiga Dunia. Seperti apa bukunya, tunggu di review gue. Seorang penulis itu yang gue kagumi adalah prosesnya. Hasil itu udah pasti tapi, gimana caranya sampe jadi sebuah buku itu loh perjuangannya. Kalo gue bilang sampe berdarah-darah,mungkin hiperbola. Tapi, gue sendiri ngerasain gimana perjuangan ngusir rasa males dan ngilangin mind blocking. Rama juga ngabisin waktu panjang sampe akhirnya lahir juga si 'jabang bayi' ini.

Jadi...IIBF 2016 gue nggak kalap beli buku tapi, berhasil ngumpulin banyak goodie bag hahahaha


Tulisan Lainnya:

2 komentar:

  1. Hallo admin,

    saya Rain perwakilan Digital Agency.Saya merasa tertarik dengan postingan anda. Jadi, saya tertarik untuk memasang sponsored post di blog anda (catatanjingga.com), Jika anda tertarik maka mohon hubungi saya di rainnisa1993@gmail.com, atau boleh saya tau alamat email mas/ mba ?

    much thanks :)
    rain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Rainisa,

      alamat email saya evi_yuniati@yahoo.com.
      ditunggu emailnya ya mba :)

      thank you,
      evi

      Hapus