Sponsored Post (Pos Promosi)

0 Comments
shoutmeloud.com
Hai readers, gue mau share pengalaman nih. Baru-baru ini ada pihak digital agency yang posting comment di salah satu artikel gue. Digital agency tersebut menawarkan kerjasama untuk memasang sponsored post di blog gue. Hmm...sponsored post? Apaan tuh ya? Akhirnya gue email tanya seperti apa kerjasamanya. Lalu dari pihak agency tersebut mengatakan bahwa produk yang mereka tawarkan adalah iklan salah satu situs pemesanan tiket online. Terus gue diminta tulis tentang traveling yang mana di dalam tulisan gue itu ada link ke website tiket online tersebut atau gue bisa meng-edit tulisan yang nantinya dikirim dari mereka. Ada imbalan dengan nilai tertentu dari mereka sesuai dengan Domain Authority gue.

Sebelum gue jawab balik, gue ngobrol dulu sama temen sesama blogger mengenai permintaan dari pihak agency itu. Kalo soal imbalan, menurut temen gue coba minta di nego lagi jangan terlalu minim seperti yang diajukan dari pihak agency. Akhirnya gue coba nego dan juga tanya beberapa hal, tapi dari pihak agency tidak bisa memenuhi permintaan nominal dari gue. Ya sudah lah ya, secara gue juga baru kenal sama si sponsored post ini akhirnya gue setuju kerjasama dengan mereka.

Ternyata, gue nggak perlu nulis artikel sendiri. Dari pihak mereka sudah menyiapkan materinya, gue tinggal posting di blog, isi invoice dan voala! honor langsung diproses dan dalam tiga hari kedepan gue udah terima :)

Dari situ gue jadi tertarik untuk kenalan lebih lanjut dengan si sponsored post ini. Gue coba cari tahu dan sama si mbah gugle gue diarahkan ke halaman ini. Terus gue juga cari tahu dari wikipedia dan kata wikipedia Sponsored Post itu menurut Mutum dan Wang (2010) sebagai "entri blog dipromosikan atau post yang berisi link yang mengarah ke halaman rumah atau halaman produk tertentu dari situs sponsor yang blogger menerima kompensasi dalam bentuk uang, produk, jasa, atau dengan cara lain." Mereka juga dikenal sebagai posting dibayar atau disponsori ulasan.

Oh ya, mengenai link halaman yang tadi gue share, menurut gue tips-tipsnya menarik. Tapi, buat gue yang paling oke untuk diinget itu adalah point Fokus Pada Content. Iya sih, kalo mau dapet sponsored post paling nggak blog lo itu fokus mau tentang apa. Jadinya pengaruh juga ke nilai kompensasinya hehehehe...

Segini dulu ya pengalaman gue. Nanti kalo ada pengalaman baru lagi, gue share dah ^_^


Tulisan Lainnya:

Tidak ada komentar: