Air dan Minyak

0 Comments
Siapa yang nggak tau kalo air dan minyak itu nggak bisa nyatu? Pembuktian ilmiah dari ilmuwan sepintar apapun nggak akan bisa membuat air dan minyak menyatu.
Jumat lalu gue baru ngobrol cantik sama sohib lulusan psikologi. Dia bilang air itu lambang segala sesuatu yang positif, minyak lambang segala sesuatu yang negatif. Kita lagi ngebahas tentang karakter individu. 

Setiap kita memiliki sisi positif dan negatif. Individu itu diibaratkan dengan botol plastik. Botol plastik itu diisi air setelah itu diisi minyak. Tanpa diapa-apain air dan minyak itu akan memisahkan diri. Lalu botol itu dikocok, yang terjadi tampilan cairan itu menjadi keruh karena air dan minyak menyatu. Kalo botol itu dikocok tanpa tutup maka air dan minyak dari dalam botol itu akan menyembur keluar begitu juga setelah botol itu dikocok dalam keadaan tertutup tapi botolnya ditusuk-tusuk maka air dan minyak juga akan menyembur keluar. Lalu yang harusnya dilakukan setelah botol itu it dikocok apa? Kembalikan botol itu dalam keadaan berdiri biasa tanpa disentuh. Biarkan air dan minyak dalam botol itu tenang. Setelah tenang, buka tutup botol itu dan pelan-pelan tuang air ke dalam botol itu sampai sedikit-sedikit minyaknya keluar dan tergantikan dengan air.

Ada yang mengerti maksud analogi di atas? Oke, gini penjelasannya. Botol itu adalah diri kita. Air dan minyak adalah hal-hal positif dan negatif dalam diri kita. Kalau hal-hal negatif dalam diri kita sedang dominan, lebih baik berdiam diri. Kalau meledak-ledak keluar yang ada akan berdampak pada orang lain. Atau jangan ada yang memancing atau memperkeruh keadaan sehingga memperparah keadaan. Biarkan diri tenang atau biarkan suasana tenang, setelah itu barulah orang lain memberikan masukan-masukan yang positif. 

Analogi tersebut benar adanya.
Seperti itulah manusia. Paling nggak kita bersedia membuka diri untuk menerima hal-hal yang positif dari orang lain kalo dirasa sulit untuk mengeluarkan hal-hal negatif itu sendiri. Biarkan botol kita ditambahkan air supaya sedikit-sedikit minyak yang ada keluar. Tidak mudah membuka diri tapi, setidaknya dicoba sedikit demi sedikit. Hal ini nggak cuma gue bagiin ke pembaca sekalian tapi, sekaligus gue ngomong ke diri sendiri :)


Tulisan Lainnya:

Tidak ada komentar: